10 Aplikasi Stem Gitar Paling Akurat

Fitur dan teknologi stem gitar pada aplikasi guitar tuner untuk Android dan iOS semakin hari semakin baik. Akibatnya, Kamu tidak perlu ragu untuk mengandalkan aplikasi stem gitar untuk menemukan tune yang tepat.

Aplikasi tersebut dapat menjadi teman setia Kamu dan gitarmu dalam berbagai kesempatan. Konversi suara dan sinkronisasi yang dihasilkan dari aplikasi guitar tuner dinilai semakin baik dan semakin sensitif menangkap nada.

Biasanya aplikasi stem gitar tidak hanya dikhususkan untuk gitar saja, tetapi juga alat musik dawai lainnya (biola, basscello, dll). Beberapa aplikasi cocok untuk pemula, sementara aplikasi lain cocok untuk yang berpengalaman.

Kamu tidak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi ini. Jika dimanfaatkan dengan baik, aplikasi ini bisa membuat Kamu menjadi mahir dalam waktu yang cepat. Beberapa aplikasi hanya menyediakan fitur utama pada edisi pro.

Berikut adalah 10 aplikasi tuning gitar terbaik yang bisa Kamu jadikan sahabat setia ketika menyetem gitar.

1. gStrings Free

gStrings tuner gitar

Aplikasi ini tersedia untuk Android, gratis, mengandung iklan, dan menawarkan in-app purchases (IAP). Guitar tuner ini mampu melakukan pengukuran suara dan intensitas dengan baik. Fitur kustomisasi beragam dan dalam.

Aplikasi ini bisa Kamu andalkan juga untuk beragam instrumen dawai, diantaranya biola dan piano. gStrings bukan aplikasi baru. Aplikasi ini membangun reputasi dari fitur kustomisasi yang ekstensif dan tuner yang berkualitas.

Fitur utama gStrings :

  • Multiple built-in instruments and tunings
  • A long list of built-in temperaments
  • Orchestra tuning
  • Support for user-defined custom tunings
  • support for user-defined custom temperaments
Developer cohortor.org
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.6 (224.747)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Jumlah Install 10.000.000+
Android Minimum Bervariasi berdasarkan perangkat

2. BOSS Tuner

BOSS Tuner gitar

BOSS Tuner ini memiliki interface yang sederhana. Dengan teknologi chromatic tuningnya, aplikasi ini dapat diandalkan untuk menyetem gitar sesuai dengan preferensi. BOSS Tuner berstatus sangat direkomendasikan.

Selain di Android, aplikasi setel gitar satu ini tersedia juga di iOS. Keuntungan lainnya adalah aplikasi ini gratis. Selain untuk gitar, BOSS Tuner menyediakan fitur stem untuk biola, bass, hingga ukulele.

TRENDING:  7 Aplikasi Karaoke Untuk PC Terbaik

Cocok untuk pemula dan yang berpengalaman, Kamu tidak akan kesulitan untuk melakukan beragam kustomisasi dan konfigurasi suara. Akurasi yang tepat dan sensitivitas juga merupakan kelebihan lain dari BOSS Tuner.

Fitur utama BOSS Tuner :

  • Provides hands-free chromatic tuning for a variety of instruments
  • Supports horizontal screen to enlarge meter view
  • Tuning accuracy: +/- 1 cent
  • Audible reference pitch function for tuning by ear
  • Newsfeed for the latest BOSS info
Developer Roland Corporation
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.4 (6,637)
Ukuran 4.6 MB
Jumlah Install 1,000,000+
Android Minimum 4.1

3. Chromatic Guitar Tuner

Chromatic Guitar Tuner

Bukan hanya populer, Chromatic Guitar Tuner juga merupakan salah satu aplikasi tuner gitar terbaik. Dalam urusan akurasi, Kamu bisa mengandalkan aplikasi ini. Chromatic juga menyediakan fitur digital tuning.

Chromatic bisa Kamu andalkan untuk menyetel beragam jenis gitar, termasuk gitar akustik hingga, bahkan banjo. Dukungan untuk alat musik dawai lain juga tersedia. Kamu bisa memanfaatkan beberapa mode menyetem gitar.

Mode-mode tersebut diantaranya chromatic tuner, automatic, dan pitchork. Aplikasi ini memiliki fungsionalitas yang lengkap. Chromatic tersedia gratis untuk pengguna Android dan gratis (sayangnya masih ada iklannya).

Fitur utama Chromatic Guitar Tuner :

  • Professional accuracy tuning
  • Unique Tune Guard
  • Variety of tuning options
  • Perfect for tuning other string musical instruments
Developer Gismart
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.5 (254,442)
Ukuran 20 MB
Jumlah Install 10,000,000+
Android Minimum 4.0.3

4. Pano Tuner

Pano Tuner Gitar

Aplikasi stem gitar ini menyediakan beberapa fitur penyeteman gitar non-standar. Kesan klasik dan oldies terlihat jelas dari tampilan aplikasi ini, seolah mengajakmu untuk memainkan rock and roll dan blues Amerika.

Jangan salah, Pano Tuner adalah penyetem gitar digital yang akurat. Kamu bisa mengatur sensitivitasnya dan respons dari aplikasi ini juga cukup cepat. Melakukan harmonisasi gitar dengan instrumen lain menjadi tidak sulit.

Tidak butuh waktu lama bagi Kamu untuk menyetem gitar dengan baik melalui Pano Tuner. Mengandung iklan dan menawarkan IAP, Pano Tuner tersedia untuk Android dan iOS.

Fitur utama Pano Tuner :

  • Quick and sensitive response
  • Wide range of pitch sensor
  • Customization
Developer Kaleloft LLC
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.7 (24,688)
Ukuran 6.9 MB
Jumlah Install 1,000,000+
Android Minimum 2.3

5. Cifra Club Tuner

Cifra Club Tuner Gitar

Pengguna alat musik dawai pasti menyukai aplikasi ini. Cifra Club Tuner mendukung beragam alat musik dawai, dari yang umum hingga yang tidak biasa seperti cavaquinho. Kapabilitas dari Cifra ternyata tidak main-main.

TRENDING:  10 Aplikasi Edit Audio Untuk PC Gratis

Aplikasi ini cocok untuk pemula yang masih dalam tahap awal menguasai gitar. Dalam layar akan muncul string yang akan memberi tahu Kamu error yang terjadi. Akibatnya, Kamu bisa lebih memahami dengan baik.

Didukung oleh user interface yang sederhana dan mudah dipahami, Cifra Club Tuner termasuk sangat direkomendasikan untuk siapapun. Cifra Club Tuner tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS.

Fitur utama Cifra Club Tuner :

  • Chromatic tuner
  • String to string tuner
  • Different tunings for other instruments
  • Precision and noise filter
Developer Studio Sol
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.8 (258,301)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Jumlah Install 10.000.000+
Android Minimum Bervariasi berdasarkan perangkat

6. Fender Guitar Tuner

Fender Tune Gitar

Aplikasi ini cocok untuk Kamu yang baru akan belajar bermain gitar. Selain gitar, Kamu juga bisa mengandalkan aplikasi pengakur gitar satu ini untuk belajar bermain bass, gitar akustik, dan ukulele. Ada beberapa mode stem di sini.

Kamu bisa menggunakan mode chromatic, manual tune, hingga auto. Beberapa mode cocok juga untuk Kamu yang sudah mahir. Sebenarnya, aplikasi ini tidak sesimpel yang dikira. Deteksi dan sensitivitas nadanya pun baik.

Hal tersebut membuat Kamu yang sudah mahir dapat dengan mudah menyetem gitar melalui Fender Guitar Tuner. Aplikasi ini akurat, mudah digunakan, gratis, dan kompatibel dengan Android maupun di iOS.

Fitur utama Fender Guitar Tuner :

  • Easy-to-use, ad-free interface
  • Auto-tune, manual, chromatic and custom tuning modes
  • Instrument specific tunings for electric, acoustic, bass and ukulele
  • 26 tunings available
Developer Fender Digital, LLC
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.6 (17,828)
Ukuran 21 MB
Jumlah Install 1,000,000+
Android Minimum 6.0

7. GuitarTuna

GuitarTuna

Tersedia gratis untuk pengguna Android dan iOS, tidak berlebihan jika menyebutkan GuitarTuna adalah aplikasi tuning gitar terpopuler sekaligus yang terbaik. Aplikasi ini cocok untuk pemula dan profesional berpengalaman.

Cepat, responsif, dan mudah digunakan, GuitarTuna menawarkan pengalaman menyetem gitar yang mengasyikkan. GuitarTuna memungkinkan Kamu untuk menyetem gitar dengan mulus dan cerdas.

Hal lain yang bisa dipuji dari aplikasi ini adalah fitur kustomisasi, dan fitur tuningnya. Kelengkapan fitur dan fungsi pada aplikasi ini membuat GuitarTuna menjadi aplikasi yang bisa diandalkan oleh siapa saja.

TRENDING:  10 Aplikasi Pemutar Musik Android Offline

Fitur utama GuitarTuna :

  • Simple and easy to use
  • Perfect for complete beginners
  • Simple and intuitive
  • Professional accuracy for advanced players
  • Alternative tuning sets
  • Chromatic tuner
Developer Yousician Ltd
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.8 (1,728,044)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Jumlah Install 50.000.000+
Android Minimum Bervariasi berdasarkan perangkat

8. Pitched Tuner

Pitched Tuner Gitar

Pitched Tuner dapat Kamu andalkan untuk beragam tuning yang akan dilakukan. Secara umum, aplikasi ini berkualitas, baik edisi gratis maupun edisi pro. Jika Kamu mencari aplikasi yang efektif, maka aplikasi ini cocok untukmu.

Rutinitas nyetel gitar bisa Kamu lakukan melalui mode chromatic maupun mode instrumen. Keduanya bisa Kamu kustomisasi sesuai preferensi. Pitched tersedia untuk Android dan iOS dengan edisi pro yang tidak terlalu mahal.

Fitur utama Pitched Tuner :

  • Vary the reference tuning pitch away from the common 440Hz
  • Choice of light or dark themes
  • Able to adjust for non-concert pitch instruments
  • Adjust the volume sensitivity of the app
Developer Stonekick
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.6 (8,217)
Ukuran 6.4 MB
Jumlah Install 1,000,000+
Android Minimum 4.1

9. Pro Guitar Tuner

Pro Guitar Tuner

Sesuai dengan namanya aplikasi ini lebih direkomendasikan untuk para profesional. Selain itu, pembuat instrumen, guru musik, hingga tukang reparasi gitar bisa direkomendasikan juga untuk menggunakan aplikasi ini.

Pro Guitar Tuner dilengkapi dengan sample berkualitas tinggi dari beragam instrumen, termasuk mandolin dan balalaika. Dengan bantuan Pro Guitar, analisis setelan kunci gitar dapat dilakukan lebih mendalam.

Selain ada di Android dan iOS, Kamu bisa mengakses Pro Guitar melalui website. Aplikasi penyetem gitar satu ini juga memiliki tampilan dan interface yang enak dipandang mata serta mudah dikuasai.

Fitur utama Pro Guitar Tuner :

  • Chromatic tuner
  • Listen and analyze the sound in real time
  • High-quality samples of real instruments
  • Library of different tunings for guitar, ukulele, mandolin, bass, balalaika, violin
Developer ProGuitar
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.4 (75,467)
Ukuran 8.6 MB
Jumlah Install 10,000,000+
Android Minimum 4.1

10. Smart Chords and Tools

smart Chords & tools

Edukasi dan tutorial adalah hal utama yang ditawarkan Smart Chord and Tools. Fitur-fitur pada aplikasi ini memang lebih cocok dimanfaatkan oleh pemula dan seseorang yang mulai mahir memainkan gitar.

Aplikasi ini juga menyediakan banyak fitur untuk alat musik dawai lainnya. Fakta tersebut membuat Smart Chords and Tools menjadi solusi sempurna untuk Kamu yang memang berminat menjadi pemain musik dawai.

Salah satu yang terbaik dan recommended, Smart Chords and Tools tersedia gratis untuk Android. Aplikasi ini menyediakan banyak sekali addons kreatif yang bisa Kamu manfaatkan dengan baik.

Fitur utama Smart Chords and Tools :

  • Contains almost all chord types and all possible fingerings
  • Includes more than 500 predefined tunings
  • Provides modes suitable for the skill level
  • Acoustic reproduction of all chords
  • Compose and transpose chord progressions
  • Supports any tuning with 3 to 8 strings
Developer s.mart Music Lab
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.8 (49,037)
Ukuran 7.8 MB
Jumlah Install 1,000,000+
Android Minimum 4.0

Seiring dengan perkembangan zaman, menyetem gitar melalui apps menjadi semakin mudah. Tidak mudah memang mencari aplikasi yang cocok. Kendati 10 aplikasi tersebut baik, eksplorasi dan trial mungkin diperlukan.

Aplikasi stem gitar terbukti mampu membantu banyak orang, termasuk dari kalangan profesional menemukan tune yang tepat. Karenanya, jangan ragu, gengsi, atau bahkan malu untuk menggunakan aplikasi tersebut.