Faximile Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Pengertiankomputer.id – Di zaman sebelum kemunculan smartphone dan handphone, faximile atau sering disebut juga dengan fax, menjadi salah satu alat komunikasi yang sangat populer digunakan untuk mengirim dan menerima dokumen dengan cepat dan efisien.

Meskipun penggunaannya sudah berkurang, faximile masih relevan dan digunakan di beberapa perusahaan hingga saat ini.

Apa Itu Faximile?

Faximile adalah sebuah perangkat yang mengkombinasikan fungsi telepon, scanner, printer, dan mesin fotokopi menjadi satu.

Alat ini memungkinkan pengiriman dan penerimaan dokumen melalui jaringan telepon analog atau internet.

Dokumen yang dikirimkan melalui faximile akan tetap mempertahankan format aslinya, berbeda dengan pengiriman dokumen melalui email atau aplikasi pesan instan yang mengirimkan dokumen dalam bentuk softcopy.

Fungsi Utama Faximile

Faximile memiliki fungsi utama sebagai alat pengirim dan penerima dokumen fisik. Ini sangat bermanfaat untuk pengiriman dokumen penting atau rahasia, karena menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pengiriman melalui internet.

Selain itu, faximile juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi melalui panggilan telepon dan memiliki fungsi scanner serta fotokopi.

Bagaimana Faximile Bekerja?

Penggunaan faximile membutuhkan dua pihak yang masing-masing memiliki mesin faximile. Si pengirim perlu memasukkan dokumen ke dalam mesin, memasukkan nomor tujuan, dan memulai proses pengiriman.

Dokumen akan discan, diubah menjadi sinyal listrik, dan dikirimkan melalui saluran telepon ke mesin faximile penerima. Pada sisi penerima, mesin akan menerima sinyal listrik dan mencetak dokumen dalam bentuk fisik.

Cara Menggunakan Faximile

Penggunaan faximile terbilang mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Menghidupkan Mesin: Sambungkan steker ke sumber listrik dan sambungkan kabel telepon.
  2. Mengirim Dokumen: Masukkan dokumen, masukkan nomor tujuan, dan pilih mode pengiriman (manual atau otomatis).
  3. Menerima Dokumen: Atur mode penerimaan (manual atau otomatis) dan tunggu mesin menerima dan mencetak dokumen.

Jenis-Jenis Faximile

Beberapa jenis faximile yang sering digunakan antara lain:

  1. Thermal Paper Fax: Menggunakan gulungan kertas khusus.
  2. Plain Paper Fax: Menggunakan kertas ukuran A4, membutuhkan cartridge dan ribbon film.
  3. Laser Fax: Dilengkapi dengan fasilitas printer dan scanner.

Kesimpulan

Meskipun penggunaannya telah berkurang seiring dengan perkembangan teknologi digital, faximile masih memiliki tempat di beberapa instansi, terutama yang membutuhkan tingkat keamanan tinggi dalam pengiriman dokumen.

Contoh mesin faximile yang populer di Indonesia antara lain Brother FAX-2840, Panasonic KX-FT 501, dan Canon Prima MX497.

Optimalkan penggunaan faximile Anda dengan memahami fungsinya dan cara kerjanya, serta pilihlah jenis mesin yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mendapatkan hasil terbaik.